Mengapa Pemenang Undian Membuat Tetangganya Jadi Terancam?

Hasil gambar untuk lottery winner

Jackpot Powerball terbaru mencapai $ 510 juta, dan jutaan orang Amerika akan membeli tiket dengan harapan bisa menang besar pada gambar Sabtu malam. Jika Anda tidak menang (dan kita semua tahu hampir semua orang yang bermain undian kalah), Anda mungkin berpikir hal terbaik berikutnya adalah agar seseorang di komunitas Anda dapat memukulnya besar.

Bagaimanapun, tiba-tiba ada rejeki nomplok yang mungkin akan memimpin pemenang untuk mengadakan pesta bagi para tetangga, menikmati memanjakan diri dengan memanjakan diri, atau berbelanja secara royal pada hal-hal lain yang membuat lingkungan itu menjadi tempat yang lebih baik.

Idenya masuk akal – tapi ada sisi negatifnya untuk tinggal di dekat pemenang lotre. Tetangga pemenang undian secara signifikan lebih cenderung menyatakan kebangkrutan dalam beberapa tahun dalam peristiwa besar daripada orang-orang yang tinggal di dekat orang biasa, menurut sebuah studi tahun 2016. Studi ini berfokus pada pemenang undian di Kanada, dan menemukan bahwa setiap kenaikan lotre sebesar $ 1.000 meningkatkan risiko kebangkrutan di antara tetangga sekitar 2,4 persen.

Mengapa efek riak negatif? Ketika orang memenangkan undian, mereka sering menghabiskan sebagian dari uang untuk membeli barang-barang iri seperti mobil baru, kapal, dan TV kelas atas. Periset mengatakan bahwa peningkatan gaya hidup ini kemudian menggoda tetangga mereka untuk meningkatkan pengeluaran mereka sendiri pada penanda kemakmuran yang terlihat, meskipun mereka belum mencapai keberuntungan finansial secara tiba-tiba. Di jalan, yang menyebabkan kebangkrutan lebih banyak, kata Sumit Agarwal, seorang profesor keuangan di McDonough School of Business Universitas Georgetown dan seorang penulis studi tersebut.

“Kita semua kompetitif di alam,” katanya. “Inilah yang diandalkan oleh orang-orang pemasaran.”

Mereka yang tinggal paling dekat dengan pemenang adalah orang-orang yang paling mungkin untuk meningkatkan pengeluaran mereka untuk aset yang terlihat seperti mobil, sepeda motor, dan rumah, dan pengaruhnya benar di lingkungan berpenghasilan tinggi maupun rendah. Juga, semakin besar undian lotere, semakin besar nilai aset yang terlihat di kalangan tetangga yang mengajukan kebangkrutan.

Pemenang undian yang besar sangat jarang terjadi, namun ratusan ribu orang memenangkan setidaknya sesuatu di Powerball hampir setiap minggu, dan para periset berfokus pada kemenangan di bawah $ 150.000. Selain itu, pengalaman pemenang undian dan tetangganya bisa menunjukkan apa yang terjadi bila ada orang yang menerima rejeki nomplok yang tiba-tiba dan signifikan dan para tetangga menyadarinya.

Agarwal mengatakan bahwa pembuat kebijakan dapat mengambil langkah sederhana untuk membantu orang mengekang dorongan untuk bersaing dengan keluarga Jones. Misalnya, jika pemenang undian tidak diizinkan meraih kemenangan mereka secara sekaligus, mereka cenderung tidak terlibat dalam serangkaian pemburuan liar yang mengosongkan kantong mereka sendiri dan juga menggoda tetangga untuk berperilaku keuangan yang buruk.

Yang sangat menarik adalah kebiasaan belanja masyarakat tampak terpengaruh oleh perubahan mendadak dalam status keuangan tetangga mereka. Sebelum mempelajari pemenang undian dan tetangganya, Agarwal meneliti bagaimana orang menyesuaikan pengeluaran saat seseorang yang tinggal di dekatnya menyatakan kebangkrutan, dan pengaruhnya hampir merupakan citra cermin dari studi undian. Setiap bulan setelah seseorang mengajukan kebangkrutan, tetangga mengurangi pengeluaran mereka sekitar 3 persen. Tetangga kemungkinan besar berteman dengan orang yang mengalami masalah keuangan – mereka yang memiliki penghasilan, pendidikan, dan sejenisnya – memotong pengeluaran mereka lebih banyak lagi.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak pemenang undian mengejar kemenangan mereka dan menemukan diri mereka dalam masalah keuangan tidak lama setelah keberuntungan mereka. Kini sepertinya tetangga mereka juga bisa mengembangkan masalah keuangan mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *